TUGAS PRODUKTIF TKJ "Referensi OS Jaringan Berbasis Server SMK Negeri 1 Purbalingga Tahun ajaran 2012/2013 milik Alfiyan Nuur Fauzy(ALF)

Halo agan-agan sekalian dan mungkin adek-adek yang melihat poestingan ini. hehe
 Yaps, ini adalah Tugas Produktif TKJ tentang Referensi OS Jaringan Berbasis Server yang saya buat dulu waktu kelas XI di TKJ 1 - SMK Negeri 1 Purbalingga yang dikasih oleh guru tercinta kami Pak Marwoto.
Mungkin dapat bermanfaat bagi agan-agan atau adik-adik yang diberi Tugas oleh guru yang berhubungan dengan ini. Selamat Membaca ^_^
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri antar satu komputer dengan komputer lainnya yang terhubung satu sama lain  untuk bekerja bersama-sama untuk melakukan kegiatan yang di inginkan,Jaringan Komputer terhubung melalui gelombang radio maupun kabel yang terhubung dengan satu komputer ke komputer lainnya sehingga dapat melakukan pertukaran informasi maupun transfer dokumen, Tujuan Dari Jaringan komputer adalah sebagai berikut :
  • Berbagi Pemakaian Printer, CPU, memori,harddisk
  • Berkomunikasi Contohnya : mengirim Surat elektronik,email,maupun Chatting, dsb
  • Mengakses Informasi Contohnya Akses Web browsing
Pengertian Operating System (OS)

Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer
Nah, disini saya akan membahas tentang macam-macam sistem operasi berbasis Server. Sebenarnya OS jaringan berbasis server banyak macamnya, seperti :
1.      Linux Debian                                      10. Windows 2003
2.      Linux Suse                                          11. Windows MS-NET
3.      Sun Solaris                                          12. Microsoft LAN Manager
4.      Linux Mandrake                                  13. Novell NetWare
5.      Knoppix                                              14. GNU/Linux
6.      MacOS                                                15. Banyan Vines
7.      UNIX
8.      Windows NT                                     
9.      Windows 2000 Server
Nah, sekarang saya akan membahas Beberapa OS jaringan yang berasis server :
  1.Windows NT


Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80x86, Intel IA64 dan Versi

Versi Windows NT

Rilis-rilis Windows NT
Versi
Nama Pasaran
Varian
Tanggal rilis
Versi Build RTM
NT 3.1
Workstation (namanya hanya "Windows NT"), Advanced Server
528
NT 3.5
Workstation, Server
807
NT 3.51
Workstation, Server
1057
NT 4.0
Workstation, Server, Server Enterprise Edition, Terminal Server, Embedded
1381
NT 5.0
Professional, Server, Advanced Server, Datacenter Server, Advanced/Datacenter Server Limited Edition
2195
NT 5.1
Home, Professional, 64-bit Edition (Itanium), Media Center (original, 2003, 2004 & 2005), Tablet PC (original and 2005), Starter, Embedded, Home N, Professional N
2600
NT 5.1
N/A
2600
NT 5.2
64-bit Edition Version 2003 (Itanium)
3790
NT 5.2
Standard, Enterprise, Datacenter, Web, Storage, Small Business Server, Compute Cluster
3790
NT 5.2
Professional x64 Edition
3790
NT 5.2
Tidak ada
3790
NT 6.0
Home Basic, Home Premium, Business, Enterprise, Ultimate, Home Basic N, Business N
Business: 30 November 2006
Consumer:
30 Januari 2007
6000 (RTM)
6001(SP1)
6002(SP2)
NT 6.0
Foundation, Standard, Enterprise, Datacenter, Web Server, HPC Server, Itanium-Based Systems
6001
6002(SP2)
NT 6.1
Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise, Ultimate,
October 22 2009
7600
NT 6.1
Foundation, Standard, Enterprise, Datacenter, Web Server, HPC Server, Itanium-Based Systems
7600
AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosessor tersebut.
Fitur-Fitur Yang Terdapat Pada Windows NT :
1.      Dukungan Penuh Untuk Procesor 32-Bit
2.      Dukungan Aplikasi
3.      Keamanan      
4.      Dukungan Sistem Berkas
5.      Desaign Full GUI
Spesifikasi minimum Windows Nt
Spesifikasi perangkat keras minimum yang dibutuhkan untuk setiap rilis berbeda-beda, dari mulai hanya 12 Megabita saja dalam Windows NT 3.51 Workstation.
Versi Windows NT
CPU
RAM
Ruangan kosong
NT 3.51 Workstation
386 atau 486/25 MHz
12 MB
90 MB
NT 4.0 Workstation
486, 33 MHz
12 MB
124 MB
2000 Professional
Kelas Intel Pentium, 133 MHz
32 MB
650 MB
XP
Kelas Intel Pentium MMX, 233 MHz
64 MB
1.5 GB
Fundamentals for Legacy PCs
Kelas Intel Pentium MMX, 233 MHz
64 MB
610 MB
Vista
Kelas Intel Pentium III/AMD Athlon, 800 MHz
512 MB
15 GB
Windows 7
1 GHz
1 GB
16    B
  2.Ubuntu

Filosofi

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun

Fitur

Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.
Desktop Ubuntu memakai desktop environment graphis. Sebelum Ubuntu 11.04 interaksi grafis pengguna adalah GNOME Panel, namun setelah versi 11.04, berubah menjadi Unity. Unity adalah interface yang dikembangkan oleh Canonical yang awalnya dirancang untuk edisi Netbook.
Ubuntu terinstall dengan banyak software multiguna diantaranya
dan beberapa software juga termasuk ke dalam CD installasi sebelum Ubuntu 11.04 sepert Transmision, GIMP. Namun software tersebut dihilangkan dari CD installasi karena ukurannya yang besar. Ubuntu juga dapat menjalankan program Windows lewat Wine atau Virtual Machine (seperti VMware workstation atau Virtual Box).
Ubuntu, tidak seperti Debian, mengompile paket mereka menggunakan fitur gcc seperti PIE dan proteksi Buffer Overflow untuk memproteksi software mereka. Fitur Ekstra tersebut menambah keamanan secara signifikan dengan pemakaian performance hanya 1% pada 32 bit dan 0,01% pada 64 bit

Desktop Environment

Ubuntu dilengkapi dengan banyak pilihan Desktop Environment, di antaranya yang paling terkenal adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE


Spesifikasi minimum
Kebutuhan Minimal
Server
Dekstop
Processor
300 MHz
700 MHz
Memory (RAM)
128 MiB
384 MiB
Hard Drive (Ruang Kosong)
1 GB
5 GB
Monitor (Resolution)
640 x 480
102468
3. Microsoft LAN Manager
Adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama-sama dengan 3Com Corporation. LAN Manager didesain sebagai penerus perangkat lunak server jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistem operasi MS-DOS.
LAN Manager dibuat berbasiskan IBM OS/2 dan protokol NetBEUI. Pada tahun 1990, Microsoft meluncurkan LAN Manager 2.0 yang menawarkan banyak keunggulan. Versi terakhir LAN Manager, versi 2.2 yang dimasukkan ke dalam OS/2 1.31 menjadi sistem operasi server Microsoft, sebelum digantikan oleh Windows NT Server pada tahun 1994.
Beberapa vendor menjual versi LAN Manager, yakni:
1. HP LAN Manager/X
2. IBM LAN Server
  4.Banyan Vines

Banyan VINES (singkatan dari Virtual Integrated Network Service) adalah sebuah sistem operasi jaringan yang populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an yang banyak digunakan dalam jaringan-jaringan korporat.
VINES pada awalnya dibuat berdasarkan protokol jaringan yang diturunkan dari Xerox Network Systems (XNS). VINES sendiri menggunakan arsitektur jaringan terdistribusi klien/server yang mengizinkan klien-klien agar dapat mengakses sumber daya di dalam server melalui jaringan.
Fitur-fitur yang diusung oleh banyan vines adalah :
Klien-klien yang didukung oleh VINES antara lain:
Selain itu, Banyan VINES juga menawarkan aplikasi yang dapat mengintegrasikan jaringan Windows NT (NetBEUI), AppleTalk, dan jaringan UNIX ke dalam sebuah jaringan dengan Banyan VINES sebagai pusatnya.



Perbedaan Sistem Operasi Berbasis Client dengan sistem Operasi Berbasis Jaringan
Sistem operasi untuk jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer stand alone, bedanya hanya pada sistem operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lainnya.Sistem operasi dalam jaringan disamping berfungsi untuk mengelola sumber daya dirinya sendiri juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan.
Sedangkan sistem operasi untuk client yaitu suatu sistem yang pakai bagi pengunanya Pengertian sistem operasi secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan untuk memudahkan dan memberi kenyamanan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer untuk client dan sistem operasi untuk client tidak bertindak sebagai server bagi komputer lain karena hanya di pakai dalam pengguna tersebut.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "TUGAS PRODUKTIF TKJ "Referensi OS Jaringan Berbasis Server SMK Negeri 1 Purbalingga Tahun ajaran 2012/2013 milik Alfiyan Nuur Fauzy(ALF)"

Post a Comment